Latest Updates

Email Newsletters & Email Marketing by YMLP.com

Cara Menghindari Over - Exposure Jendela Pada Foto Interior

Mensiasati intensitas cahaya dari jendela untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna
Jendela merupakan salah satu komponen menarik saat melakukan foto interior. Ukuran, posisi, ornamennya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi sebuah ruangan.  Permasalahannya adalah jendela dapat dikatakan penghubung antara suasana luar ruangan dan dalam ruangan, dimana suasana luar ruangan memiliki intensitas cahaya yang cukup ekstrim dibandingkan dengan cahaya dalam ruangan, terutama saat siang hari dan cuaca sangat cerah.
Yang terjadi adalah saat kita mengambil gambar interior kita akan mendapati jendela menjadi sangat terang, putih, dan menjadi satu aspek yang tidak enak dilihat pada foto kita. Apa penyebabnya? yups, exposure dalam ruangan dan luar ruangan memiliki perbedaan yang cukup ekstrim, akibatnya saat kita mengejar exposure dalam ruangan yang cenderung lebih gelap, makan suasana luar ruangan menjadi sangat terang (over-exposure) dikarenakan memilikiintensitas cahaya yang sangat tinggi dari matahari.
Foto Interior Ruangan - Galeri
Ilustrasi Cahaya Interior Ruangan (Foto : Dhira Parama Yuga)
Bagaimana jika kita mennyesuaikan exposure luar ruangan saja? tidak masalah, hanya saja foto kita menjadi foto pemandangan luar jendela bukan foto interior, karena interior akan terlihat gelap (under-exposure).
Lalu apa yang yang harus dilakukan? Banyak cara untuk mengatasi hal ini, trik HDR (High Dynamic Range) dapat kita lakukan dengan mengambil beberapa foto dengan exposure berbeda lalu kita gabungkan foto tersebut sehingga kita mendapatkan exposure yang pas antara suasana luar ruangan dan dalam ruangan dalam satu foto yang sama.
Foto Interior Rumah Minimalis - Galer
Ilustrasi Cahaya Interior Ruang Tidur (Foto : Dhira Parama Yuga)
Trik tersebut membuat kita memiliki banyak “PR” pada proses editing foto interior kita. Trik lain yang dapat dilakukan adalah dengan bantuan lampu studio atau flash eksternal.
Pertama kita menyesuaikan exposure kamera sesuai dengan exposure cahaya luar ruangan dan dengan bantuan lampu studio atau flash eksternal kita mendapat bantuan cahaya untuk menerangi interior dalam ruangan sesuai dengan exposure yang dimiliki suasana di luar ruangan.
Dengan mendapati nilai exposure yang sama, maka kita dapat mendapat sebuah foto yang lebih menarik. Keuntungan lain, dengan adanya flash eksternal kita dapat mengatur intensitas cahaya sesuai yang kita mau untuk mendapatkan foto yang lebih menarik dan lebih berseni dan tentu saja memperingan pekerjaan kita pada proses editing foto nantinya.

0 Response to "Cara Menghindari Over - Exposure Jendela Pada Foto Interior"

Posting Komentar


Flag Counter